Keefektifan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura Tahun Akademik 2021/2022
The Effectiveness Of Online Learning At STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura Academic Year 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.58983/jmurai.v4i1.107Kata Kunci:
Pendidikan, Pembelajaran, Daring, EfektifitasAbstrak
Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kualitas sumber daya manusia. Semakin tinggi kualitas pendidikan, semakin tinggi kualitas sumber daya manusia. Selama masa Covid-19, pendidik dituntut untuk mampu menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang serta dapat memotivasi peserta didik untuk belajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring yang dilakukan di STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura untuk tahun akademik 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan peristiwa dan peristiwa yang memberikan gambaran konkret tentang masalah yang dihadapi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang dilakukan di STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura selama pandemi kurang efektif. Hal ini didukung oleh pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan melalui pembelajaran daring tidak meningkat karena kurangnya fokus yang diberikan siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan secara daring dan juga siswa tidak dapat memahami materi secara mendalam.
Referensi
Afifatu, Rohmawati. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3491, diakses pada 24 Mei 2022)
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N.2015. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish
Chabibie, M. H., & Hakim, W. 2016. Pengaruh Penerimaan Teknologi dengan Kebergunaan Web. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi
Creswell, J. W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta:PustakaPelajar
Deassy May Andini dan Endang Supardi. 2018. Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1, No. 2,
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional (https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas, diakses pada 24 Mei 2022)
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19
Hamidi Jazim,2010. Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Praktik Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press
Handayani, Suci. 2019. Buku Model Pembelajaran Speaking Tipe STAD yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter Cooperative Learning. Ponorogo
Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. (2018). Tantangan dan peluang pembelajaran dalam jaringan: studi kasus implementas elok (E-Learning: Open for knowledge sharing) pada mahasiswa profesi Ners
H.B. Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian). Surakarta : Sebelas Maret Press
Hendriana, E. C., & Jacobus, A.2017. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. JPDI
Herdiansyah Haris, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian, & Puji Sumarsono. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas pembelajaran menggunakan video zoom cloud meeting pada anak usia dini era pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665-675 (https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/671, diakses pada 22 Mei 2022)
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2023 Benyamin Mofu, Esbertha Termas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Benyamin Mofu, Rosina Rumthe, Dampak Game Online Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 5 No 1 Januari (2024): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual
- Benyamin Mofu, PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 JAYAPURA , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 2 No 1 Januari (2021): Jurnal Murai : Papua Teologi Kontekstual
- Benyamin Mofu, Esbertha Termas, Keefektifan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura Tahun Akademik 2021/2022 , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 4 No 1 Januari (2023): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual
- Benyamin Mofu, Iis Avprillia Carban, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD YPK Ebenhaezer Argapura Tahun Pelajaran 2022-2023 , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 5 No 1 Januari (2024): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual
- Benyamin Mofu, Keefektifan Penerapan Kurikulum Sekolah Minggu Oleh Pengajar Sekolah Minggu Di Jemaat GKI Elim Malanu Klasis Sorong , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 5 No 2 Juli (2024): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual