Keefektifan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura Tahun Akademik 2021/2022

The Effectiveness Of Online Learning At STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura Academic Year 2021/2022

Penulis

  • Benyamin Mofu STFT GKI I.S. Kijne Jayapura
  • Esbertha Termas STFT GKI I.S Kijne Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.58983/jmurai.v4i1.107

Kata Kunci:

Pendidikan, Pembelajaran, Daring, Efektifitas

Abstrak

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kualitas sumber daya manusia. Semakin tinggi kualitas pendidikan, semakin tinggi kualitas sumber daya manusia. Selama masa Covid-19, pendidik dituntut untuk mampu menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang serta dapat memotivasi peserta didik untuk belajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring yang dilakukan di STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura untuk tahun akademik 2021/2022.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan peristiwa dan peristiwa yang memberikan gambaran konkret tentang masalah yang dihadapi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang dilakukan di STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura selama pandemi kurang efektif. Hal ini didukung oleh pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan melalui pembelajaran daring tidak meningkat karena kurangnya fokus yang diberikan siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan secara daring dan juga siswa tidak dapat memahami materi secara mendalam.

Referensi

Afifatu, Rohmawati. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3491, diakses pada 24 Mei 2022)

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N.2015. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish

Chabibie, M. H., & Hakim, W. 2016. Pengaruh Penerimaan Teknologi dengan Kebergunaan Web. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi

Creswell, J. W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta:PustakaPelajar

Deassy May Andini dan Endang Supardi. 2018. Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1, No. 2,

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional (https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas, diakses pada 24 Mei 2022)

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19

Hamidi Jazim,2010. Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Praktik Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press

Handayani, Suci. 2019. Buku Model Pembelajaran Speaking Tipe STAD yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter Cooperative Learning. Ponorogo

Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. (2018). Tantangan dan peluang pembelajaran dalam jaringan: studi kasus implementas elok (E-Learning: Open for knowledge sharing) pada mahasiswa profesi Ners

H.B. Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian). Surakarta : Sebelas Maret Press

Hendriana, E. C., & Jacobus, A.2017. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. JPDI

Herdiansyah Haris, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian, & Puji Sumarsono. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas pembelajaran menggunakan video zoom cloud meeting pada anak usia dini era pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665-675 (https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/671, diakses pada 22 Mei 2022)

Diterbitkan

2023-05-17

Cara Mengutip

Mofu, B., & Termas, E. . (2023). Keefektifan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura Tahun Akademik 2021/2022: The Effectiveness Of Online Learning At STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura Academic Year 2021/2022. MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual , 4(1 Januari), 18-27. https://doi.org/10.58983/jmurai.v4i1.107