PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.58983/jmurai.v2i1%20Januari.55Kata Kunci:
Motivasi, Belajar, PrestasiAbstrak
Untuk meraih prestasi dalam belajar, tentu seorang siswa haruslah belajar dengan giat. Tanpa belajar dengan giat, sebuah prestasi hanya akan menjadi suatu impian. Untuk dapat belajar dengan baik, perlu ada dorongan dari dalam diri siswa sendiri untuk belajar. Belajar haruslah dipandang sebagai suatu kebutuhan untuk mencapai sebuah prestasi yang tinggi. Selain itu, perlu juga adanya dorongan atau dukungan dari pihak lain atau dari luar diri siswa, yakni orang tua, teman sebaya dan juga guru. Dorongan atau dukungan dari luar dapat berupa pemberian semangat untuk belajar, pemenuhan kebutuhan belajar, penyajian pelajaran yang menarik, dan lain sebagainya. Dengan adanya motivasi untuk belajar, siswa akan semakin siap untuk menyiapkan diri dalam belajar dengan mengatur jam-jam belajar, mengerjakan setiap tugas yang diberikan, selalu mencatat hal-hal yang penting yang berkaitan dengan pelajaran, dan lain sebagainya.
Dalam penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 5 Jayapura, diperlihatkan terdapat pengaruh dalam motivasi terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,027, serta adanya. Hal ini memperlihatkan bahwa hingga saat ini, motivasi belajar masih sangat diperlukan untuk pencapaian prestasi dari siswa.
Untuk itu, perlu dukungan dari berbagai pihak untuk selalu mendukung siswa dalam usaha untuk meraih prestasi belajar di sekolah. Baik orang tua, sekolah, dan lingkungan sosial dimana siswa berdomisili dan juga dukungan dalam pengembangan sarana prasarana di dunia pendidikan.
Referensi
A.M. Sadirman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta, 2014
Ali Gunawan Moh. Statistika Untuk Pendidikan. Parama Publishing. Yogyakarta, 2013
Amri Sofan. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka. Jakarta. 2013
Ansyar Moh. Kurikulum Hakikat,Fondasi,Desain & Pengembangan. Kencana. Jakarta, 2015
Arikunto Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta, 2015
Cully Iris V. Dinamika Pendidikan Kristen. BPK-Gunung Mulia. Jakarta, 2012
Daryanto. Panduan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. AV Publisher. Jaklarta. 2009
Dawson Catherine. Metode Penelitian Praktis. Pustaka Pelajar. Jogjakarta. 2010
Dale H Schunk, Paul R Pintrich, dan Judith L Meece. Motivasi dalam Pendidikan. Indeks. Jakarta, 2012
Darmadi Hamid. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alfabeta. Bandung, 2013.
Enklaar & Homrighausen. Pendidikan Agama Kristen. BPK-Gunung Mulia. Jakarta, 2009
Fudyartanta Ki, 2012. Psikologi Kepribadian. Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Gunawan Ali, 2013. Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Parama Publishing, Yogyakarta.
Groome Thomas H. Christian Religious Education. BPK-Gunung Mulia. Jakarta, 2014
Ihalauw Jan. Statistik Inferensial untuk Peneliti Pendidikan. Jayapura. 2013
Kartono Kartini. Psikologi Anak. Mandar Maju. Bandung, 1995
Mulyasa E. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008
Paul Eggen dan Don Kauchak. Strategi dan Model Pembelajaran. Indeks. Jakarta, 2012
Rita L. Atkinson, dkk. Pengantar Psikologi. Interaksara. Jakarta.
Sani Berlin dan Kurinasih Imas. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kata Pena. Surabaya.2014
Santrock .Jhon W. Psikologi Pendidikan. Kencana. Jakarta, 2015
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta,Jakarta.2003
Slavin Robert E. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Indeks. Jakarta, 2012
Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.Bandung, 2014
Sundayana Rostina,2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung
Surjadi A,2012. Membuat Siswa Aktif Belajar. Mandar Maju, Bandung
Suryabrata Sumadi. Psikologi Pendidikan. Rajawali Pers. Jakarta. 2004FNI Statistic. Modul Pelatihan SPSS Dasar.
FNI Statistic. Modul Pelatihan SPSS Lanjut.
Upton Penney. Psikologi Perkembangan. Erlangga. Jakarta.2012
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2021 MURAI: Jurnal Papua Teologi Kontekstual
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Benyamin Mofu, PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 JAYAPURA , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 2 No 1 Januari (2021): Jurnal Murai : Papua Teologi Kontekstual
- Benyamin Mofu, Rosina Rumthe, Dampak Game Online Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 5 No 1 Januari (2024): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual
- Benyamin Mofu, Esbertha Termas, Keefektifan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura Tahun Akademik 2021/2022 , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 4 No 1 Januari (2023): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual
- Benyamin Mofu, Keefektifan Penerapan Kurikulum Sekolah Minggu Oleh Pengajar Sekolah Minggu Di Jemaat GKI Elim Malanu Klasis Sorong , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 5 No 2 Juli (2024): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual
- Benyamin Mofu, Iis Avprillia Carban, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD YPK Ebenhaezer Argapura Tahun Pelajaran 2022-2023 , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 5 No 1 Januari (2024): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual