PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 JAYAPURA

Penulis

  • Benyamin Mofu STFT GKI I.S. Kijne Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.58983/jmurai.v2i1%20Januari.55

Kata Kunci:

Motivasi, Belajar, Prestasi

Abstrak

Untuk meraih prestasi dalam belajar, tentu seorang siswa haruslah belajar dengan giat. Tanpa belajar dengan giat, sebuah prestasi hanya akan menjadi suatu impian. Untuk dapat belajar dengan baik, perlu ada dorongan dari dalam diri siswa sendiri untuk belajar. Belajar haruslah dipandang sebagai suatu kebutuhan untuk mencapai sebuah prestasi yang tinggi. Selain itu, perlu juga adanya dorongan atau dukungan dari pihak lain atau dari luar diri siswa, yakni orang tua, teman sebaya dan juga guru. Dorongan atau dukungan dari luar dapat berupa pemberian semangat untuk belajar, pemenuhan kebutuhan belajar, penyajian pelajaran yang menarik, dan lain sebagainya.  Dengan adanya motivasi  untuk belajar, siswa akan semakin siap untuk menyiapkan diri dalam belajar dengan  mengatur jam-jam belajar, mengerjakan setiap tugas yang diberikan, selalu mencatat hal-hal yang penting yang berkaitan dengan pelajaran, dan lain sebagainya.

Dalam penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 5 Jayapura, diperlihatkan terdapat pengaruh dalam motivasi terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,027, serta adanya. Hal ini memperlihatkan bahwa hingga saat ini, motivasi  belajar masih sangat diperlukan untuk pencapaian prestasi dari siswa.

Untuk itu, perlu dukungan dari berbagai pihak untuk selalu mendukung siswa dalam usaha untuk meraih prestasi belajar di sekolah. Baik orang tua, sekolah, dan lingkungan sosial dimana siswa berdomisili dan juga dukungan dalam pengembangan sarana prasarana di dunia pendidikan.

Referensi

A.M. Sadirman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta, 2014

Ali Gunawan Moh. Statistika Untuk Pendidikan. Parama Publishing. Yogyakarta, 2013

Amri Sofan. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka. Jakarta. 2013

Ansyar Moh. Kurikulum Hakikat,Fondasi,Desain & Pengembangan. Kencana. Jakarta, 2015

Arikunto Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta, 2015

Cully Iris V. Dinamika Pendidikan Kristen. BPK-Gunung Mulia. Jakarta, 2012

Daryanto. Panduan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. AV Publisher. Jaklarta. 2009

Dawson Catherine. Metode Penelitian Praktis. Pustaka Pelajar. Jogjakarta. 2010

Dale H Schunk, Paul R Pintrich, dan Judith L Meece. Motivasi dalam Pendidikan. Indeks. Jakarta, 2012

Darmadi Hamid. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alfabeta. Bandung, 2013.

Enklaar & Homrighausen. Pendidikan Agama Kristen. BPK-Gunung Mulia. Jakarta, 2009

Fudyartanta Ki, 2012. Psikologi Kepribadian. Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Gunawan Ali, 2013. Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Parama Publishing, Yogyakarta.

Groome Thomas H. Christian Religious Education. BPK-Gunung Mulia. Jakarta, 2014

Ihalauw Jan. Statistik Inferensial untuk Peneliti Pendidikan. Jayapura. 2013

Kartono Kartini. Psikologi Anak. Mandar Maju. Bandung, 1995

Mulyasa E. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008

Paul Eggen dan Don Kauchak. Strategi dan Model Pembelajaran. Indeks. Jakarta, 2012

Rita L. Atkinson, dkk. Pengantar Psikologi. Interaksara. Jakarta.

Sani Berlin dan Kurinasih Imas. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kata Pena. Surabaya.2014

Santrock .Jhon W. Psikologi Pendidikan. Kencana. Jakarta, 2015

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta,Jakarta.2003

Slavin Robert E. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Indeks. Jakarta, 2012

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.Bandung, 2014

Sundayana Rostina,2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Surjadi A,2012. Membuat Siswa Aktif Belajar. Mandar Maju, Bandung

Suryabrata Sumadi. Psikologi Pendidikan. Rajawali Pers. Jakarta. 2004FNI Statistic. Modul Pelatihan SPSS Dasar.

FNI Statistic. Modul Pelatihan SPSS Lanjut.

Upton Penney. Psikologi Perkembangan. Erlangga. Jakarta.2012

Diterbitkan

2021-11-16

Cara Mengutip

Mofu, B. (2021). PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 JAYAPURA. MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual , 2(1 Januari), 17-28. https://doi.org/10.58983/jmurai.v2i1 Januari.55