Aspek Sosiolinguistik pada Mata Kuliah Bahasa Inggris (Adopsi dan Adaptasi dalam Proses Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid 19)
DOI:
https://doi.org/10.58983/jmurai.v2i2.76Kata Kunci:
Pendidikan Bahasa Inggris, Belajar Luring, Belajar Daring, Blinding TeachingAbstrak
Abstrak
Sosiolinguistik adalah salah satu bidang ilmu yang berakar dari bidang sosial dan bahasa. Bidang ilmu yang mengkaji fenomena keragaman dan perubahan konteks berbahasa dalam sebuah masyarakat. Kajian tulisan ini membahas dua kajian utama yang didasari pada perspektif sosiolinguistik seperti tersebut di atas. Tujuan pertama, memaparkan adopsi dan adaptasi dalam kegiatan belajar mengajar pada MK Bahasa Inggris di STFT GKI. Tujuan Kedua, menilik adaptasi mahasiswa sebagai generasi milenial dalam pembelajaran MK Bahasa Inggris dalam masa pandemi. Masing – masing tujuan terdiri atas elemen – elemen yang adalah temuan – temuan dari pengumpulan data dan analisa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan data literatur. Metodologi yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik “analisa isi”. Dari kajian pembahasan dua tujuan di atas dapat disimpulkan bahwa adopsi dan adaptasi sesuai konteks sosiolinguistik penting untuk dilakukan dalam pembelajaran MK Bahasa Inggris. Kedua, mahasiswa mau tak mau harus bisa beradaptasi dengan pola pembelajaran daring yang juga menggunakan transfer pengetahuan dengan sistem IT yang saat ini menjadi tuntutan belajar virtual. Namun demikian, tentu adopsi dan adaptasi itu tidak jauh atau tetap melekat dengan kebutuhan belajar dan konteks perubahan bahasa dan kehidupan masyarakat.
Referensi
Bungin, B. 2003. Analisa Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke ----- Arah Penguasaan Model Aplikasi.Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa
Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 1998. Qualitative Research for Education An Introduction to ----- Theory and Methods Third Edition.(Penelitian Kualitatif untuk Pendidikan Pengantar Teori dan Metode Edisi Ketiga). USA: Allyn & Bacon.
Johns,A,M. & Machado,D.P. 2001. English for Specific Purposes:Tailoring Courses to Studenst ----- Needs and to the Outside World. (in Teaching English as a Second or Foreign Language Third Edition by Marianne Celce – Murcia Editor). USA: Heinle & Heinle.
Medgyes, P. 2001. When the Teacher Is a Non- native Speaker. (in Teaching English as a ----- Second or Foreign Language Third Edition by Marianne Celce – Murcia Editor). USA: Heinle & Heinle.
Rohman, A. 2021.Panduan Praktis Pembelajaran Daring dengan Google Classroom dan Google ----- Meet. Jakarta: Kompas Gramedia.
Rumsarwir,R. 2013. The Suitability of English As A Second Language at Junior High Schools at ----- Heram District of Jayapura. (A Thesis). Magister Pendidikan Bahasa Inggris – Universitas Cenderawasih.
Rumsarwir,R. Maay, S. Samosir, H (penyunting dan penyusun). 2020. General English Course ----- Handbook (internal modul dan buku kerja untuk Mata Kuliah Bahasa Inggris Umum Prodi S1 Teologi). STFT GKI I.S. Kijne Jayapura
Rumsarwir,R. penyunting dan penyusun). 2020. Bahasa Inggris 1 / English 1 Handbook (internal ----- modul dan buku kerja Mata Kuliah Bahasa Inggris 1 Prodi S1 PAK) STFT GKI I.S. Kijne Jayapura
Savignon, J. S. 2001. Communicative Language Teaching for the Twenty – First Century (in -----Teaching English as a Second or Foreign Language Third Edition by Marianne Celce – Murcia Editor). USA: Heinle & Heinle.
Waluyo, S.S. 2020. Blended Learning untuk Pelatihan Vokasi. Bandung: PT Srikandi Empat ----- Widya Utama
Wardhaugh, R. 1992. An Introduction to Sociolinguistics Second Edition.(Sebuah Pengantar ----- Sosiolinguistik Edisi Kedua). USA: Blacwell Publisher
Wawancara:
Akwan,J. tanggal 22 Juni 2021 jam 13.15. Wawancara siang tentang jumlah buku berbahasa ----- asing di perpustakaan STFT GKI I.S Kijne (Persiapan Akreditasi BAN PT untuk Prodi PAK)
Article:
Pramana, C & Yoteni, F. et al. 21 February 2021. Virtual Learning During The COVID – 19 ----- Pandemic, A Disruptive Technology In Higher Education In Indonesia. A Research Article of Scopus.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2022 MURAI: Jurnal Papua Teologi Kontekstual
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.