Penerapan Teori Psikologi Behavioristik Dalam Pendidikan Agama Kristen Anak: Perspektif Dan Implementasi
Application of Behavioristic Psychological Theory in Children's Christian Religious Education: Perspectives and Implementation
DOI:
https://doi.org/10.58983/jmurai.v6i2.191Kata Kunci:
Behavioristik, Anak, Pendidikan Agama Kristen, Penguatan, Pembentukan Perilaku, IntegrasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan teori psikologi behavioristik dalam pendidikan Agama Kristen anak, dengan menyoroti perspektif teoritis serta implementasi praktisnya dalam konteks pembelajaran. Permasalahan utama yang diangkat adalah bagaimana prinsip-prinsip behavioristik yang menekankan pada stimulus-respons, penguatan, dan pembentukan perilaku melalui pembiasaan dapat digunakan secara efektif dalam membentuk karakter dan pemahaman keagamaan anak-anak dalam pendidikan Kristen. Tujuan penulisan adalah untuk mengevaluasi relevansi dan efektivitas teori ini dalam menciptakan proses pembelajaran yang mendukung pertumbuhan spiritual dan moral anak sejak usia dini. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah studi kepustakaan (library research), dengan menganalisis berbagai literatur terkait teori behavioristik dan pendidikan Kristen anak. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk menggambarkan serta menafsirkan konsep-konsep teoritis dan aplikasinya dalam konteks pendidikan agama. Hasil kajian menunjukkan bahwa teori behavioristik dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pendidikan Agama Kristen anak, terutama melalui penggunaan metode penguatan positif, repetisi materi, dan pembentukan kebiasaan rohani. Misalnya, penguatan berupa pujian atau hadiah saat anak menunjukkan sikap kasih atau hafalan ayat Alkitab dapat memperkuat perilaku positif yang diharapkan. Namun, pendekatan ini perlu dilengkapi dengan unsur kasih, relasi personal, dan nilai-nilai iman Kristen agar tidak terjebak pada aspek mekanistik semata. Dengan demikian, implementasi teori behavioristik dalam pendidikan Kristen perlu diintegrasikan secara bijaksana agar tujuan pengajaran tidak hanya membentuk perilaku luar, tetapi juga menyentuh pertumbuhan iman anak secara holistik.
Kata kunci: Behavioristik; Anak; Pendidikan Agama Kristen; Penguatan; Pembentukan Perilaku;
Referensi
VI. Daftar Referensi
Abidin A.Mustika. “Penerapan Teori Belajar Behaviorisme Dalam Pembelajaran Studi Pada Anak .” Jurnal Pendidikan dan Konseling 15, no. 1 (January 2022): 15–35.
Ahmad Syawaludin. “Reward and Punishment in the Perspective of Behaviorism Learning Theory and Its Implementation in Elementary School.” SHEs: Conference Series 2, no. 1 (January 2018): 18–23.
Arozatulo Telaumbanua. “Analysis of Behavioristic Learning Theory Based on John 4:1–42 and Its Application in Christian Religious Education.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 3, no. 2 (June 2021): 89–102.
B.F. Skinner. About Behaviorism . New York: Vintage, 2019.
———. Science and Human Behavior . New York: Macmillan, 2001.
Daeng Sudirwo. Kurikulum Pembelajaran Dalam Otonomi Daerah. Bandung: Andira, 2002.
Deice Miske Poluan. “Mengaktualisasikan Pendidikan Agama Kristen Anak Dalam Pelayanan Misi.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (February 2023): 95–103.
Edward S. Murphy. The Wiley Blackwell Handbook of Operant and Classical Conditioning . Chichester: Wiley, 2014.
Eli Tanya. Gereja Dan Pendidikan Agama Kristen: Mencermati Peranan Pedagogis Gereja . Cipanas: Sekolah Tinggi Teologi Cipanas, 2009.
Freliyanti. Modul Teori Pembelajaran: Teori-Teori Belajar Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen . Palu: Sekolah Tinggi Teologi Bala Keselamatan Palu, 2023.
Haryu Islamuddin. Psikologi Pendidikan . Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.
Junihot Simanjuntak. Psikologi Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: PBMR, 2021.
Nurul Wahidatur. “Penerapan Teori Behaviorisme Dalam Pembelajaran.” JOEAI Jurnal of education and Instrucion 6, no. 2 (January 2023).
Ruth Haley Barton. Hidup Bersama Dalam Kristus: Mengalami Transformasi Dalam Komunitas. Yogyakarta: Yayasan Gloria, 2015.
Thomas H. Groome. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1980.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Kelly Simanjuntak, Noh Ibrahim Boililu

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.