Dampak Game Online Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa
TThe Impact of Online Games in Improving Student Achievement
DOI:
https://doi.org/10.58983/jmurai.v5i1.129Kata Kunci:
Game Online, Prestasi, Softskill, Akademik, KeterampilanAbstrak
Many people think that online games will have a negative impact on players, this is because online games are associated with violence. Psychologists, pediatricians, and scientists believe that playing online games can have a positive influence. Playing online games can also have a positive impact such as, to improve concentration, develop thinking or reasoning skills, and as entertainment to relieve stress. The type of research used is library research. Literature research is a data collection technique by reviewing books, literature, notes, and various reports related to the problem to be solved (Nazir.1988). The impact of Online Games includes relieving stress, filling spare time, adding friends, and earning income. In addition, the purpose of playing online games is because you want to participate in competitions. Online games can have a positive impact on players, that is, online games are useful for improving students' thinking skills, training students to be proficient in English, increasing intelligence and sharpening the brain, and also online games can help students to improve soft skills.
Referensi
Agustin, Nela. et all. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta:
UAD Press
Ananda, Dea Stella. (2021). Penyuluhan Dampak Game Online Bagi Siswa SMP X Kota
Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(01), 20-23.
Andri Arif Kustiawan, dan Andy W, B, U.(2019). Jangan Suka Game Online Pengaruh
Game Online dan Tindakan Pencegahan.
Hadisaputra. (2022). Strategi Pemanfaatan Game Online Dalam Mendidik Anak Usia Dini.
Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 1-14.
Hakiki, A, N, dan Abd. Muhith. (2021). Efek Negatif Bermain Game Online Free Fire
Battlegrounds Melawan Akhlak Remaja di Desa Ambulu Kabupaten Jember.
SOLIDARITAS: Jurnal Ilmu Sosial, 1(2), 60-72.
Harahap, S,H, dan Zaka, H,R. (2021). Dampak Game Online Free Fire Terhadap Hasil
Belajar Siswa Sekolah Dasar.:Jurnal Basicedu, 5(3).
Latumahina Fransina. et all. (2022). Mengukir Pengabdian di Negeri Imahamu. Indramayu
Jawa Barat: Penerbit Adab
Na’ran Sulasti, dan M Ridwan Said Ahmad. (2018). Dampak Game Online Pada Peserta
Didik di SMA Negeri 4 Tana Toraja. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS
UNM, 3(2),136-142.
Novrialdy, Eryzal. (2019).Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan
Pencegahanya . Online Game Addiction in Adolescents:Impacts and its
Preventions. Jurnal Buletin Psikologi,27(2),148-158.
Nurdiana. et all. (2022). Kebiasaan Bermain Game Online dan Dampaknya Terhadap Sikap
Disiplin Belajar IPS Pada Siswa MTs Negeri 2 Kolaka Utara. Jurnal Penelitian
Pendidikan Sejarah UHO.
Pardede, Steven Christopher, dan Darwin Hartono. (2022). Kontribusi Bermain Game
Online dan Self Control Pada Prestasi Belajar Remaja Komunitas Royal E-sport
Jakarta Timur. Research and Developmenr Journal of Education.
Pande, N., & Marheni, A. (2015). Hubungan kecanduan game online dengan prestasi belajar
siswa SMP Negeri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Udayana, 22, 163–171.
Prastius, E. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris. Jurnal
Sistem Informasi Berbasis Komputer, 29-36
Ri’a, M. (2023). Peran Orang Tua Meningkatkan Prestasi Belajar Anak di Jalan Gatot
Soebroto Lorong Adinda Kelurahan Mautapaga Kabupaten Ende. Jurnal Pendidikan
Rosyid, Moh Zaiful. et all. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara
Salsabila, A., dan Puspitasari, P. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa
Sekolah Dasar. PANDAWA, 2(2), 278-288.
Syafi’I Ahmad, dkk. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek
dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan,
Transmawati, Mudtika., dan Widya Sartika. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap
Motivasi Belajar Remaja. Jurnal Seminar Pendidikan Nasional.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Benyamin Mofu, Rosina Rumthe

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Benyamin Mofu, Rosina Rumthe, Dampak Game Online Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 5 No 1 Januari (2024): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual
- Benyamin Mofu, PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 JAYAPURA , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 2 No 1 Januari (2021): Jurnal Murai : Papua Teologi Kontekstual
- Benyamin Mofu, Esbertha Termas, Keefektifan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura Tahun Akademik 2021/2022 , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 4 No 1 Januari (2023): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual
- Benyamin Mofu, Iis Avprillia Carban, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD YPK Ebenhaezer Argapura Tahun Pelajaran 2022-2023 , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 5 No 1 Januari (2024): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual
- Benyamin Mofu, Keefektifan Penerapan Kurikulum Sekolah Minggu Oleh Pengajar Sekolah Minggu Di Jemaat GKI Elim Malanu Klasis Sorong , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 5 No 2 Juli (2024): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual