Kajian Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Kelas Pembelajaran Luring di SMA Negeri 1 Biak Barat Tahun Ajaran 2020/2021
Study of Teacher Pedagogic Competence in Managing Offline Learning Classes at SMA Negeri 1 Biak Barat Academic Year 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.58983/jmurai.v3i2.104Kata Kunci:
Luring, Kompetensi, Pedagogic, Guru, MuridAbstrak
SMA Negeri 1 Biak Barat merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran luring. Pembelajaran luring yang dimaksud adalah pembelajaran yang tidak melibatkan jaringan internet dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Akan tetapi memerlukan tatap muka antara guru dan siswa dalam pemberian modul kepada siswa. Dalam pembelajaran luring ini, guru membuat modul yang berisi materi dan tugas yang akan dikerjakan oleh siswa selama satu minggu di rumah sedangkan pengumpulan tugas akan dilakukan pada minggu berikutny.
Hal ini menyebabkan tidak adanya pembelajaran tatap muka di kelas yang akan membangun hubungan emosional antara guru dan siswa. Guru akan mengalami kesulitan dalam mengenal peserta didiknya dari sisi karakter, minat, bakat, potensi, atau kemampuan lainnya untuk mempermudah pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Guru hanya mengetahui nama-nama siswa melalui daftar nama sesuai dengan kelasnya masing-masing namun tidak mengenali mereka satu persatu. Begitu juga sebaliknya, siswa tidak mengenali guru. Pembinaan keakraban perlu dilakukan untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif bagi guru dan peserta didik. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa yang dimaksud dengan kompetensi pedagogik guru dalam mengelola kelas pembelajaran luring di SMA Negeri 1 Biak Barat pada semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021? Bagaimana cara guru menggunakan kompetensi pedagogik dengan menciptakan lingkungan yang kondusif dan terlihat secara aktif baik mental fisik dan sosialnya dalam kelas pembelajaran luring di SMA Negeri 1 Biak Barat pada semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021? Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif.
Referensi
Arikunto Suharsimi, 1987, Pengelolaan Kelas dan Siswa, Jakarta: Rajawali
Danim Sudarwan, 2010, Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Bandung: Alfa beta
Edison Thomas, 2017, 52 Metode Mengajar, Bandung : Yayasan Kalam Hidup
Hamalik Oemar, 2007, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Rosda Karya
Homrighausen dan Enklaar, 2015, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta:BPK Gunung Mulia
(https://www.kompas.com/ pembelajaran jarak jauh bukan pembelajaran daring, dilihat pada tanggal 18 januari 2021).
https://widuri.raharja.info/indeks.php?titel=motodestudipustaka dilihat pada Sabtu 08 Mei 2021 pukul 19.00 WIT
Mulyasa HE,2007, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosda Karya
Mulyasa HE, 2019, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nazir Moh, Metode Penelitian, 1985, Jakarta: Ghalia Indonesia
Nuhamara Daniel, 2005, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia
Payong Marselus, 2011, Sertifikasi Profesi Guru, Jakarta: PT.Indeks
Radjiman, 1987, Menjadi Pelayan Kristus, Surakarta: Krida Aksara
Robert R. Boehlke, 1990, Sejarah Perkembangan pikiran dan praktek Pendidikan Agama Kristen, Jakarta : BPK Gunung Mulia
Saekhan Muchith, 2008, Pembelajaran Kontekstual, Semarang: RaSAIL Media Grup
Semiawan Conny, 1989, Pendekatan Ketrampilan Proses, Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Sidjabat,B.S, 2009, Mengajar secara Profesional,Bandung:Yayasan Kalam Hidup
Soetjipto dan Kosasi Raflis, 2009, Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta
Suparmoko, Metode Penelitian Praktis, 1987, Yogyakarta: BPFE
Usman Husaini dan Akbar Setiady Purnomo, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara
UU RI NOMOR 14 TAHUN 2005 & PP RI NOMOR 74 TAHUN 2008 TENTANG GURU DAN DOSEN
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2023 Megasiska Rumahorbo, Simon Petrus Waimuri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Megasiska Rumahorbo, Simon Petrus Waimuri, Kajian Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Kelas Pembelajaran Luring di SMA Negeri 1 Biak Barat Tahun Ajaran 2020/2021 , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 3 No 2 (2022): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual