Filosofi Pendidikan Toraja Pra Pendidikan Modern Di Toraja

Toraja Pre-Modern Education Philosophy in Toraja

Penulis

  • Tomi Supryanto Fakultas Teologi UKI Toraja

DOI:

https://doi.org/10.58983/jmurai.v4i2.118

Kata Kunci:

Filosofi, Pendidikan, Toraja, Harmoni

Abstrak

Filosofi pendidikan Toraja pra pendidikan modern di Toraja merupakan sebuah tulisan yang bertujuan untuk menemukan filosofi pendidikan Toraja sebelum masyarakat Toraja berjumpa dengan pendidikan modern yang diperkenalkan oleh bangsa Eropa melalui Indische Kerk dan lembaga Pekabaran Injil Gereformeerde Zendingsbond (GZB) sejak tahun 1908. Untuk tujuan tersebut metode yang digunakan adalah metode deskriptif-analisis data yang ditemukan. Dari hasil pembahasan dan analisis yang dilakukan, ditemukan sebuah konsep pendidikan yang diwarisi secara turun-temurun dari generasi ke generasi dengan proses lisan yang berlangsung beberapa ratus tahun sebelum masyarakat Toraja berjumpa dengan pendidikan Barat yang diperkenalkan oleh Indische Kerk dan GZB. Proses pengenalan dan pendidikan tersebut diperkenalkan melalui praksis-praksis keseharian sejak dari kecil hingga dewasa. Bingkai pendidikan ditemukan dalam salah satu proses sastra Toraja yang dikenal dengan nama “Passomba Tedong”. Melalui proses deskriptif dan analisis pada naskah sastra teks “Passomba Teding” ditemukan bahwa filosofi pendidikan Toraja adalah pendidikan yang bertujuan menanamkan harmoni antara manusia dengan Tuhan, sesama, dan lingkungan

Referensi

Bararuallo, Frans. 2010. Kebudayaan Toraja. Jakarta: Yogyakarta: Pohon Cahaya.

Bigalke, Terance W. 2005. TANA TORAJA. A Social History of an Indonesian People. Leiden: KITLV Press.

Kobong, Th. 2008. Injil dan Tongkonan, Inkarnasi, Kontekstualisasi, Transformasi (terj.). Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Kobong, Th. 1983. Manusia Toraja, Dari mana, Bagaimana, Ke mana. Rantepao: Institut Teologia.

Liku-Ada’, Jhon. 2014. Aluk To Dolo menantikan To Manuruan dan Eran di Langi’. Yogyakarta: Gunung Sopai.

Nooy-Palm, Hetty. 1979. The Sa’dan-Toraja, A Study of their Social Life and Religion. Leiden: KITLV.

Plaisier, Bas. 2016. Menjembatani Jurang, Menembus Batas, Komunikasi Injil di Wilayah Toraja, 1913-1942 (terj.). Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Sadker, Myra Pollack & David Miller Sadker. 1991. Teacher, Schools, and Society. Washington: American University, 2nd edition.

Tangdilintin, L.T. 1980. Toraja dan Kebudayaannya. Tana Toraja: Yayasan Lepongan Bulan (YALBU).

Veen, H. van der. 1965. The Merok feast of the Sa’dan Toradja. Springer-Scieness Business Media, B.V.

Winch, Christopher & Jhon Gingell. 2008. Philosphy of Education, The Key Concepts. Second Edition. London: Routledge.

Tesis

Supriyanto, Tomi. 2022. SEJARAH PERJUMPAAN ORANG TORAJA DI SULAWESI SELATAN DENGAN GZB DAN GEREJA TORAJA DI BIDANG PENDIDIKAN KRISTEN (1913-1990). Jakarta: STFT Jakarta.

Artikel

Allo, Markus Deli Girik, Taula’bi’, Nilma & Trika, Elim. 2019. Filosofi Tallu Lolona dalam Himne Passomba Tedong (Etnografi kearifan lokal Toraja). Makale: UKI Toraja.

Sanderan, Rannu. 2020. Heuristika dalam Pendidikan Karakter Manusia Toraja Tradisional. Jurnal Bia’, 19 Desember 2020.

Kamus

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online/daring (dalam jaringan).

Oxford Dictionary versi online (dalam jaringan).

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Tomi Supryanto. (2023). Filosofi Pendidikan Toraja Pra Pendidikan Modern Di Toraja: Toraja Pre-Modern Education Philosophy in Toraja. MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual , 4(2 Juli), 106 - 115. https://doi.org/10.58983/jmurai.v4i2.118