Integrasi Nilai-Nilai Kristen Dalam Pendidikan Lingkungan Untuk Pelestarian Alam Di Kota Jayapura

Integration of Christian Values in Environmental Education for Nature Conservation in Jayapura City

Penulis

  • Benyamin Dadi Ratu Mofu STFT GKI I.S Kijne Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.58983/jmurai.v6i1.155

Kata Kunci:

Ekosistem, Pendidikan Lingkungan, Pelestarian Alam, Nilai - Nilai Kristen, Kota Jayapura

Abstrak

Lebih dari 1 juta spesies di dunia terancam punah akibat aktivitas manusia, seperti deforestasi, polusi, dan perubahan iklim. Fenomena ini bukan hanya mengancam keberlangsungan hidup spesies tersebut, tetapi juga mengganggu keseimbangan ekosistem yang menjadi fondasi kehidupan di bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai Kristen yang relevan untuk pendidikan lingkungan dan Menganalisis dampak integrasi nilai-nilai tersebut terhadap kesadaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Pendekatan ini dipilih karena mampu menggali secara mendalam pemahaman tentang integrasi nilai-nilai Kristen dalam pendidikan lingkungan, khususnya dalam konteks pelestarian alam di Kota Jayapura. Integrasi nilai-nilai Kristen dalam pendidikan lingkungan di Kota Jayapura dapat dilihat melalui kurikulum yang mengedepankan pengajaran tentang tanggung jawab manusia terhadap alam. Keterlibatan komunitas dalam kegiatan pelestarian alam menjadi salah satu dampak positif dari integrasi nilai-nilai Kristen dalam pendidikan lingkunganintegrasi nilai-nilai Kristen dalam pendidikan lingkungan memiliki potensi untuk mendorong pelestarian alam di Kota Jayapura. Nilai-nilai Kristen, seperti tanggung jawab terhadap ciptaan dan kasih sayang terhadap sesama, dapat menjadi dasar yang kuat dalam membangun kesadaran lingkungan di kalangan siswa. Selain itu, pendekatan pendidikan yang berbasis pada ekoteologi, dapat memberikan kerangka kerja yang komprehensif untuk memahami hubungan antara manusia dan alam.

 

Referensi

Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Statistik Sumber Daya Alam.

Brondízio, E.S. (2021). Locally Based, Regionally Manifested, and Globally Relevant: Indigenous and Local Knowledge, Values, and Practices for Nature. Annual Review of Environment and Resources, 46, 481-509. https://doi.org/10.1146/annurev-environ-012220-012127

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Faizah, TI, & Fatayan, A (2022). Pengaruh Media Youtube pada Pelajaran Pendidikan Lingkungan & Budaya Jakarta (PLBJ) Materi Alat Musik Gambang Kromong kepada Minat Siswa Sekolah. Jurnal Basicedu. Diakses dari https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2992

Fang, W.T. (2020). Is religiosity related to environmentally-protective behaviors among Taiwanese Christians? A structural equation modeling study. *Sustainability (Switzerland)*, 12(21), 1-18. https://doi.org/10.3390/su12218999

Fisher, J.C. (2021). Perceived biodiversity, sound, naturalness and safety enhance the restorative quality and wellbeing benefits of green and blue space in a neotropical city. Science of the Total Environment, 755. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2020.143095

Garnett, S.T. (2018). A spatial overview of the global importance of Indigenous lands for conservation. Nature Sustainability, 1(7), 369-374. https://doi.org/10.1038/s41893-018-0100-6

Imamah, Y.H., & Hidayat, N. (2022). Integrasi pendidikan islam dan pendidikan lingkungan hidup. Jurnal Mubtadiin, 1(1). http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/171

Kgatle, M.S. (2022). A Spirit-Filled Environment: Ecological Theology in Pentecostal and Charismatic Christianity in South Africa. International Journal of Religion and Spirituality in Society, 12(1), 149-157. https://doi.org/10.18848/2154-8633/CGP/v12i01/149-157

KLHK. (2021). Data Deforestasi dan Kerusakan Hutan di Papua. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Leese, J.J.J. (2019). Ecofaith: Reading scripture in an era of ecological crisis. Religions, 10(3). https://doi.org/10.3390/rel10030154

Messias, T. (2024). From Ecotheology to Ecospirituality in Laudato sí—Ecological Spirituality beyond Christian Religion. Religions, 15(1). https://doi.org/10.3390/rel15010068

Mulyatno, C.B. (2022). Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini dalam Perspektif Teologi Pemerdekaan YB Mangunwijaya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://repository.usd.ac.id/42440/1/7908_pendidikan+lingkungan.obsesi.pdf

Nasution, S (2019). Pendidikan lingkungan keluarga. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam. Diakses dari https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/457

Noverita, A, Darliana, E, & Darsih, TK (2022). Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa. Jurnal Sintaksis, ojs.yayasanalmaksum.ac.id, https://www.ojs.yayasanalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/248

Nugroho, M.A. (2022). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup: Upaya Penenaman Kesadaran Lingkungan. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah. https://scholar.archive.org/work/fzeiaxl23fgk5n7cz2hijrqcju/access/wayback/http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/ijpgmi/article/download/1691/897

Pardon, D. (2021). YOUR IMMORTAL SPIRIT IS IN ALL THINGS (WIS 12:1). THE BIBLICAL ECOLOGICAL-THEOLOGICAL WISDOM IN SIR 16:26 - 17:14 AND WIS 11:24 - 12:1. Bogoslovska Smotra, 91(2), 269-291. https://doi.org/10.3390/rel12080664

Pascual, U. (2023). Diverse values of nature for sustainability. Nature, 620(7975), 813-823. https://doi.org/10.1038/s41586-023-06406-9

Pihkala, P. (2022). Eco-Anxiety and Pastoral Care: Theoretical Considerations and Practical Suggestions. *Religions*, 13(3). https://doi.org/10.3390/rel13030192

Rahmani, N.F., & Rahiem, M.D.H. (2023). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Raudhatul Athfal. Jurnal Ilmiah Potensia. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/26079

Schade, L.D. (2022). Who Is My Neighbor? Developing a Pedagogical Tool for Teaching Environmental Preaching and Ethics in Online and Hybrid Courses. Religions, 13(4). https://doi.org/10.3390/rel13040322

United Nations Environment Programme (UNEP). (2019). Global Environment Outlook.

United Nations Environment Programme. (2022). Global Biodiversity Outlook 5. https://www.unep.org/resources/global-biodiversity-outlook-5

Widiawati, M., Barkah, R.F., & Ds, Y.N. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Jurnal Pancar. https://mail.jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/333

Diterbitkan

2025-04-25

Cara Mengutip

Dadi Ratu Mofu, B. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Kristen Dalam Pendidikan Lingkungan Untuk Pelestarian Alam Di Kota Jayapura: Integration of Christian Values in Environmental Education for Nature Conservation in Jayapura City. MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual , 6(1), 9 - 18. https://doi.org/10.58983/jmurai.v6i1.155