Kepedulian Lingkungan Dalam Pendidikan Kristen Di Gereja: Analisis Alkitabiah Dan Pendekatan Aplikatif Untuk Pembentukan Karakter Jemaat
Environmental Concern in Christian Education in the Church: Biblical Analysis and An Applicative Approach For the Formation of the Character of the Church
DOI:
https://doi.org/10.58983/jmurai.v6i1.167Kata Kunci:
Kepedulian Lingkungan, Pendidikan Kristen, Gereja, Analisis Alkitabiah, Pendekatan Aplikatif, KarakterAbstrak
Pendidikan Kristen di gereja memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter iman jemaat. Dalam konteks zaman modern yang kian menghadapi masalah lingkungan hidup, gereja memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan kepedulian terhadap alam sebagai bagian dari panggilan iman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeskplorasi prespektif Alkitab mengenai kepedulian lingkungan dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut dapat diterapkan dalam Pendidikan Kristen di gereja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis teks Alkitab dan studi literatur yang relevan mengenai ekologi dan Pendidikan Kristen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ajaran Alkitab mengenai pemeliharaan bumi, tanggung jawab manusia dan kasih terhadap ciptaan dapat dijadikan landasan dalam mendidik jemaat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Pendekatan praktis yang dapat diterapkan dalam gereja meliputi program pendidikan, aksi nyata dalam pelestarian alam serta pengintegrasian nilai-nilai ekologis dalam kehidupan sehari-hari jemaat. Kesimpulan bahwa gereja memiliki peran strategi dalam membentuk kesadaran lingkungan berbasis iman Kristen.
Referensi
Barbara Rossing (2018). The Rapture Exposed: The Message of Hope in the Book of Revelation. New York: Basic Books.
E.G. Homrighousen &I.H. Enklaar, (2008). Pendidikan Agama Kristen(Jakarta: BPK Gunung Mulia,
Elisa P Manalu.(2021). Ekoteologi: Menjaga Bumi dan Kehidupan. Medan: Pustaka Lentera, pp. 110-130
Fauzi, A. (2020). Peran Gereja dalam Pelestarian Alam Melalui Pendidikan Kristen di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 18(1), 45-58.
Fredik Melkias Boiliu, M. P. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital Terhadap Pembentukan Spiritualitas Dan Moralitas Anak. Immanuel Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 76–91.
Haryanto, I., & Wahyudi, S. (2022). Pengajaran Ekologi dalam Pendidikan Kristen di Sekolah-sekolah Gereja di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kristen, 16(2), 78-90.
Labobar, Y. K. (2021). Misi Gereja Dalam Hubungan Dengan Ekologi: Kajian Tentang Ekologi Tanah Papua. Yogyakarta: Litera.
Matthew T Hedges(2022) Theology and Ecological Restoration: A Christian Vision for Nature. Grand Rapids: Baker Academic.
Meyer, J. (2021). Integrating Environmental Education in Christian Religious Education: Challenges and Opportunities. Journal of Christian Education and the Environment, 35(4), 112-127.
Paulus B. D. Suparman, (2018). "Pendekatan Pendidikan Kristen yang Kontekstual di Indonesia." Jurnal
Shively, Elizabeth. Creation Care and Christian Ethics. Oxford: Oxford University Press.
Halaman relevan: 25-49, 70-8
Purnomo, Budi H. (2018). Teologi dan Etika Lingkungan. Yogyakarta: Kanisius, 2018, pp. 45-70.
Patora, M. (2019). Peranan Kekristenan Dalam Menghadapi Masalah Ekologi. Jurnal Teruna Bhakti, 1(2), 117–127.
Robert W. Pazmino.(2012). FONDASI PENDIDIKAN KRISTEN; SUATU PENGANTAR DALAM PERSPEKTIF INJILI(Jakarta: (Sekolah Tinggi Teologi Bandung dan PT BPK Gunung Mulia. 78
Rusdiyanto. (2015). Masalah Lingkungan Hidup Indonesia Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Cakrawala Hukum, 6(2), 215–227.
Ruth Valerio.(2021). Lifting the Veil: Reclaiming the Earth for Christ. London: InterVarsity Press.
Halaman relevan: 35-58, 112-132.
Sider, R. (2005). The Church and the Environment: A Christian Perspective on Ecological Responsibility. Evangelical Review of Theology, 29(1), 50-67.
Soetomo H Tamba.(2019).Teologi dan Tanggung Jawab Sosial Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Stahl, R. (2018). Christianity and Environmental Ethics: A Call to Action for the Church. Journal of Environmental Theology, 22(3), 195-210.
Stephen P Maccia.(2017).Becoming a Healthy Church. London: SPCK, pp. 23-45.
Thomas H. Groome. (2010). Christian Religious Education. Pendidikan Agama Kristen: Berbagi Cerita dan Visi Kita (Jakarta: BPK Gunung Mulia,), 107-113.
Tucker, M. E., & Grim, J. A. (2012). The Sacredness of the Earth: Exploring the Role of the Church in Environmental Stewardship. Journal of Ecological Christianity, 10(2), 68-85.Cáceres, B., Maisincho, L., Taupin, J., Francou, B., Cadier, E., Delachaux, F., Bucher, R., Villacís, M., Paredes, D., Garcés, A., Laval, R., & Chazarin, J. (2005). R : : a R : : a. 1(1), 53.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Henny Verra Fonataba

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Henny Verra Fonataba, Renungan Harian Kristen Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Keluarga , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 3 No 1 Januari (2022): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual
- Henny Verra Fonataba, Kepedulian Lingkungan Dalam Pendidikan Kristen Di Gereja: Analisis Alkitabiah Dan Pendekatan Aplikatif Untuk Pembentukan Karakter Jemaat , MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual : Vol 6 No 1 (2025): Murai : Jurnal Papua Teologi Kontekstual