Renungan Harian Kristen Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Keluarga

Daily Christian Devotionals as a Learning Medium for Christian Religious Education (PAK) in the Family

Penulis

  • Henny Verra Fonataba STFT GKI I.S Kijne Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.58983/jmurai.v3i1%20Januari.85

Kata Kunci:

Renungan Harian, Pendidikan Agama Kristen, Keluarga

Abstrak

Keluarga adalah unit sosial terkecil yang terdiri atas ayah,ibu dan anak yang dikenal sebagai keluarga inti (nuclear family). Setiap keluarga mendambakan keharmonisan dan kebahagiaan. Komunikasi terjalin baik antara suami-istri; anak-anak; serta orang tua dengan anak. Orang tua memberikan keteladanan melalui perkataan dan perbuatan sehari-hari kepada anak-anak. Selain komunikasi, hal yang terpenting adalah kehidupan rohani suatu keluarga. Berada di zaman  teknologi informasi menuntut perhatian yang serius dari orang tua untuk melaksanakan perannya sebagai pendidik rohani bagi anak-anak. Pendidikan agama Kristen (PAK) di keluarga menjadi tanggungjawab orang tua. Perwujudan dari PAK adalah orang tua bersama dengan anak-anak membaca Alkitab dan merenungkan Firman Tuhan setiap hari. Tujuannya supaya keluarga memiliki nilai-nilai rohani yang dapat membentengi hidup setiap anggota keluarga dalam menghadapi godaan, cobaan serta berperilaku yang benar. Metode yang dipakai adalah deskritif kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Kesimpulan yang diperoleh bahwa perenungan yang merupakan media pembelajaran PAK di keluarga mengalami tambahan bentuk yaitu selain   bersekutu bersama di keluarga dan bentuk lain bersekutu secara pribadi dalam merenungkan Firman Tuhan melalui berbagai aplikasi.

Referensi

Anthony J, Michael. Introducing Christian Education: Fondasi Pendidikan Abad 21. Malang: Gandum Mas. 2017

Azhar Arsyad. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2003

Ardiansyah Firdan. Pengenalan Dasar Android Programing, Jakarta: Biraynata Dewi Salma 2011.

Groome, Thomas H. Christian Religious Education.Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Homrighausen dan Enklaar. Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK. Gunung Mulia. 2014

Hope S. Antone.. Pendidikan Kristiani Kontekstual, Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2010

Ismael Andar, Ajarlah Mereka Melakukan, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009

Ipiana, Novitasari, K. D., & Mononimbar, Y. Y. (2021). Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Metanoia: Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 75–97

Kresbinol Labobar, Pendidikan Agama Kristen Dalam masyarakat majemuk Multikultural. (Klaten, Lakeisha, 2019

Lestari Sri, Psikologi Keluarga Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga, Jakarta: Kencana, 2012

Moleong.J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2018

Marjorie J. Keluarga Sebagai pusat pembentukan Bpk: Gunung Mulia, 2001

Nuhamara, Daniel. Pembimbing PAK.Bandung: Jurnal Info Media. 2009

Prawiralaga dan Eveline Siregar.. Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2004 Parker T.H.L John Calvin. Sidney: A Lion Paper Back. 1995

Sebadja H. Jadilah Pelaku Firman.Jakarta: Bpk Gunung Mulia. 2000

Sidjabat B.S Mengajar Secara Profesional, Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2000 Thompson

Yaumi, Muhammad, Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. 2018

Diterbitkan

2023-01-30

Cara Mengutip

Fonataba, H. V. (2023). Renungan Harian Kristen Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Keluarga: Daily Christian Devotionals as a Learning Medium for Christian Religious Education (PAK) in the Family. MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual , 3(1 Januari), 31-36. https://doi.org/10.58983/jmurai.v3i1 Januari.85