Pemanfaatan Metode Pembelajaran Resitasi Pada Masa Normal Baru 2022 di SMP YPK Hedam Jayapura

Utilization of Recitation Learning Method During the New Normal Period 2022 at SMP YPK Hedam Jayapura

Penulis

  • Vanny Lisa Ansek Jurnal Murni Papua Teologi Kontekstual

DOI:

https://doi.org/10.58983/jmurai.v3i2.87

Kata Kunci:

Work From Home, Resitasi, Normal Baru, Covid-19, SMP YPK Hedam Jayapura

Abstrak

Sejak munculnya virus Covid-19 di provinsi Wuhan Cina yang melanda dunia pada akhir tahun 2019 dan penyebaran virus ini menjangkau sampai ke Indonesia sejak awal tahun 2020 termasuk Papua, yang mengakibatkan pemerintah memberlakukan keputusan WFH (Work From Home) sekolah-sekolah ditutup dan pemerintah menyarankan kepada pegawai dan guru-guru melakukan seluruh aktivitas kerja dan mengajar dari rumah (BDR) termasuk pada SMP YPK Hedam Jayapura terhitung sejak awal tahun 2019 sampai dengan pertengahan tahun 2021. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan pendidik kepada peserta didik tidak disertai dengan penjelasan materi, hal ini membuat peserta didik hanya sekedar menerima tugas, dan menjawab tugas yang diberikan oleh pendidik, namun peserta didik tidak memahami apa yang peserta didik kerjakan dan apa yang peserta didik pahami dari pelajaran yang di terima, proses ini berlangsung terhitung selama 2 tahun. Untuk itu penelitian ini di lakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Dengan hasil penelitian pemanfaatan metode pembelajaran resitasi pada masa normal baru 2022 di SMP YPK Hedam jayapura sangat baik, dapat di lihat dari setiap praktik siklus I sampai dengan praktik siklus III yang di lakukan setiap tahapannya sangat baik, dan membantu memperbaiki proses pembelajaran sekaligus pencapaian hasil belajar peserta didik sehingga tujuan dari pendidikan dapat tercapai.

Referensi

Edisom. (2017). 52 Metode Mengajar Mengangkat Harkat Dan Martabat Pendidik Menjadi Berwibawa Dan Terhormat. Bandung: Kalam Hidup.

Lembaga Alkitab Indonesia 1974. (2014). Alkitab. Jakarta.

Manahara, A. (2021). Ketuntasan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PAK Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VIII Sekolah Menegah Pertama SMP Negeri 2 Jayapura. (Skripsi STFT GKI I.S Kijne Jayapura).

Sidjabat. (2009). Mengajar Secara Profesional Sebuah Prespektif Kristiani.

Suparlan. 2010. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: HIKAYAT Publishing.

Usior,Y. (2021). Kreativitas Guru Menggunakan Teknologi Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMP Negeri 1 Biak Timur. (Skripsi STFT GKI I.S Kijne Jayapura).

Widyastuti. (2021). Optimalisasikan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, BdR. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Winarni. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yewangeo. (2020). Menakar Covid-19 Secara Teologis. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Yoteni, F. (2012). Constraints Experienced By West Papua Higher EducationalManagers In Implementing Their Academic Thrusts. (Tesis UNIVERSTY DUMAGUETE CITY).

Yoteni, F dkk. (2022). Pembelajaran Virtual Selama Pandemi Covid-19, Sebuah Pembaruan Teknologi Pada Pendidikan Tinggi di Indonesia. (INTERNATIONAL JOURNAL OF PHARMACEUTICAL RESEARCH). Ditarik pada 30 Mei 2022.

Diterbitkan

2023-02-02

Cara Mengutip

Ansek, V. L. (2023). Pemanfaatan Metode Pembelajaran Resitasi Pada Masa Normal Baru 2022 di SMP YPK Hedam Jayapura: Utilization of Recitation Learning Method During the New Normal Period 2022 at SMP YPK Hedam Jayapura. MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual , 3(2), 115-125. https://doi.org/10.58983/jmurai.v3i2.87